Temanggung, 22 Mei 2025 — Keceriaan terpancar dari wajah anak-anak Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Djojonegoro Temanggung saat menyambut kunjungan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Mu’ti berbaur langsung dengan para murid melalui kegiatan seni, seperti menyanyikan lagu “Jangan Menyerah” dari D’Masiv, serta praktik membatik, menganyam, dan melukis.
“Seperti pada lirik lagu Jangan Menyerah, kita harus mensyukuri hidup karena hidup adalah anugerah. Selalu bersemangatlah karena kalian semua sangat istimewa,” ujar Menteri Mu’ti penuh semangat.
Menteri Mu’ti juga menyampaikan pesan motivasi di ruang-ruang kelas yang ia kunjungi. “Semua manusia memiliki kemampuan. Tetap semangat dan teruslah belajar sesuai kemampuan masing-masing. Semoga murid-murid di sini menjadi manusia yang sukses,” pesannya, merujuk pada moto sekolah: cerdas, mandiri, dan berprestasi.
Kepala SLBN Djojonegoro Temanggung, Ina Sulanti, menyampaikan rasa haru atas kunjungan tersebut. “Ini momen luar biasa yang membangun semangat murid dan guru. Kami membimbing mereka melalui akademik, musik, batik, dan seni grafis,” katanya.
Ina menjelaskan bahwa kegiatan vokasi rutin setiap Rabu telah menghasilkan karya yang diminati masyarakat. “Batik karya murid kami bahkan telah dijual di pasar batik Temanggung, dan mereka juga rutin tampil dalam pentas musik antar desa setiap Agustus,” jelasnya.
Ina juga menyuarakan harapan agar Kemendikdasmen terus mendukung pendidikan inklusi di SLB, termasuk penambahan guru ASN agar pendampingan murid berkebutuhan khusus makin optimal. “Semoga mutu pendidikan semakin berkualitas,” tutupnya.
Kunjungan ditutup dengan sesi foto bersama, dan penyerahan Bantuan Pendidikan Mutu Tahun 2025 kepada SLBN Djojonegoro Temanggung.
Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 230/sipers/A6/V/2025




Dengan adanya penilaian kinerja di harapkan guru dapat mengembangkan profesionalismenya, sehingga proses pembelajaran dapat meningkatkan potensi/kualitas hasil belajar atau dengan kata lain Pengelolaan Kinerja untuk meningkatkan efektivitasini bukan tentang penilain kinerja, tapi tentang pengembangan pegawai dan pencapaian tujuan organisasi dan membentuk konteksguru, pengelolaan kinerja membantu mingkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kopetensi siswa.
Dengan adanya penilaian kinerja di harapkan guru dapat mengembangkan profesionalismenya, sehingga proses pembelajaran dapat meningkatkan potensi/kualitas hasil belajar.
Penilaan kinerja proses sistematis untuk mengevaluasi kinerja guru baik secara kualitatif mau pun kuantitatif dalam melaksanakan pekerjaan mareka atau suatu proses pendekatan.
Dengan adanya Penilaan Kinerja di harapkan guru dapat mengembangkan profesionalismenya, sehingga proses pembelajaran dapat mengingkatkan potensi/kualitas hasil belajar yg baik.
Dengan adanya Penilaian Kinerja di harapkan guru dapat mengembangkan profesionalismenya sehingga proses pembelajaran dapat meningkatkan potensi/kualitas hasil belajar yang baik.